Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Skematik dan Layout Trainer Mikrokontroller Arduino Lengkap

Trainer mikrokontroller adalah sebuah papan latihan yang terdiri dari berbagai modul elektronik yang disatukan pada satu papan pcb. Tujuan dibuat rangkaian tersebut adalah sebagai media pembelajaran maupun bahan latihan oleh penghobi microcontroller. Modulnya pun beragam, salah satunya adalah trainer Arduino.

Trainer Mikrokontroller arduino

Arduino adalah jenis papan mikrokontroller build up yang telah dilengkapi downloader internal dan port keluaran. Arduino menjadi salah satu board mikrokontroller paling banyak digunakan saat ini. Alasannya adalah kemudahan dalam penggunaannya dan bahasa program yang relatif mudah, apalagi telah disediakan library pendukung sehingga tidak perlu repot mengatur konfigurasi program.

Gambar tata letak


Gambar tata letak dan layout

Untuk merancang sebuah triner arduino sangat mudah karena sebenarnya arduino sudah di desain se minimalis mungkin sehingga hanya diperlukan wiring pada modul output dan arduino. 

Pada lapak online pun telah banyak yang menjual trainer mikrokontroller demikian, namun kekurangannya adalah harga yang relatif sama namun kita mesti mengerjakan wiring yang rumit. 

Terlebih pada project yang besar, kesalahan pada wiring akan berakibat fatal. Namun di andalanelektro.id, anda bisa mendownload skema dan layout trainer mikrokontroller arduino dan mencoba membuat trainer sendiri.

Fitur yang tersedia pada papan trainer ini diantaranya :
  1. Place for Arduino UNO, Nano, Pro dan Mega mini
  2. Place for mini breadboard
  3. Place for LCD 16x2 with I2C module
  4. 8X LED display
  5. 4 digit seven segmen common catoda
  6. 2 channe driver motor L293D
  7. 1 Channel driver Stepper ULN 2003
  8. 1 channel Buzzer
  9. 4x Switch pussh button
  10. 1 channel Relay SPDT
  11. 2 channel Analog Input

Jika anda sudah membeli komponen dan ingin mengubah atau Mencetak layout dari trainer mikrokontroller ini, Pastikan anda Punya Software EAGLE PCB 6.0, karena Trainer ini dibuat menggunakan Software EAGLE.

Untuk download rangkaian trainer ini, silahkan klik link dibawah ini :

Trainer Mikrokontroller Arduino